PRAKARSA
PERUBAHAN
Peristiwa
Pada
modul ini saya belajar tentang bagaimana murid yang menjadi impian saya dan apa
perubahan yang isa saya lakukan. Modul 1.3 ini, secara tidak langsung juga
membantu sekolah untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, misalnya saja
dengan bagaimana profil murid dan lulusan dalam visi mampu memberikan gambaran
mengenai Standar Kompetensi Lulusan sekolah mereka. Bapak/Ibu sekalian juga
diajak untuk menelusuri visi mendasar dari pendidikan, betapa pentingnya
pendidik memiliki visi, dan mengembangkan visi untuk mewujudkan keberpihakan
pada murid-murid di daerah Bapak/Ibu sehingga mereka bertumbuh dengan maksimal.
Perasaan
Setelah
mempelajari modul ini, perasaan yang saya rasakan sangat bahagia bisa berada
pada posisi pendidik dimana posisi pendidik memiliki peran yang sangat
mempengarui peserta didik dalam mencapai impian yang di cita citakan. pada
prakarsa perunbahan ini banyak sekali kekurangan yang saya miliki selama
menjadi seorang pendidik di tingkat SMA. semoga ke depan biais menjadi pendidik
yang selalu bergerak dan terus bergerak
Pembelajaran
Setelah
mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan
positif harus berpikir strategi dan memahami inquiri apresiatif sebagai
paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan
akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan
rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D
sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design,
Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, tiru, dan modifikasi
Untuk
melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi
permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita
miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu
saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa
perubahan dan membuat tahapan BAGJA.
Penerapan
Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Menerapkan Pembelajaran Matematika yang Menyenangan". Prakarsa perubahan ini sudah saya rencanakan sesuai dengan alur BAGJA, dengan membuat pertanyaan bertahap dari alur BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman . Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.