Wednesday, April 20, 2011

PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Ahmad Isro'il
e_mail ahmad.isroil@gmail.com
ABSTRAK
Penalaran dan pemecahan masalah merupakan hal yan sangant penting dalam KTSP. Salah satu cara bernalar adalah dengan menggunakan analogi. Analogi dapat di gunakan untuk membantu memecahkan masalah , jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yanag baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
 Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah berupa tes penalaran analogi matematika (TPAM) yang di berikan kepada 48 siswa kelas X-11 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Berdasarkan hasil TPAM siswa di kelompokan dalam 3 kelompok yaitu : kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi, kelompok kemampuan penalaran analogi sedang, dan kelompok kemampuan penalaran anlogi rendah. Untuk mengetahui proses berpikir analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika di lakukan dengan wawancara terhadap 2 siswa tiap kelompok.
Hasil analisis data TPAM menunjukan bahwa dari 48 siswa yang di beri TPAM terdapat 4 siswa (8,16 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi. 24 siswa(48,98 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi sedang, sedangkan 20 siswa(40,82 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi rendah. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika cenderung sedang.
Data hasil wawancara menunjukan bahwa siswa yang kemampuan penalaran analogi tinggi mampu melakukan setiap tahap proses berpikir analogi dengan baik. Siswa yang kemampuan penalaran analoginya sedang cenderung mengalami hambatan di beberapa langkah proses berpikir analogi, dan siswa yang kemampuan penalaran analoginya rendah langkah – langkah proses berpikir analogi belum dapat di lakukan dengan baik . mengingat pentingnya kemampuan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika di sarankan agar kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika perlu di tingkatkan dengan menggunakan pendekatan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika.
Kata Kunci : Analogi, Penalaran Analogi, Pemecahan Masalah.

7 comments:

  1. Paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk?????????????

    ReplyDelete
  2. mas bole minta data penelitan mas gak, untuk referensi penelitian saya . terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf dek laptop saya yg ada data penelitiannya hilang semua karena HD jebol..

      Delete
  3. materi yang dipakai untuk tes analogi materi apa saja ya pak ?

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Total Pageviews